SEO Dan SEM Perbedaan Dan Manfaatnya

SEO dan SEM

Digitalisasi saat ini membuat para pelaku bisnis konvensional banyak beralih melakukan bisnis digital. Namun banyak yang tidak mengerti apa manfaat dan perbedannya. Dan tidak sedikit dari mereka yang asal asalan menggunakannya sehingga menghancurkan apa yang telah di bangun . Maka dari itu mari kita bahas lebih lanjut kedua-duanya.

SEO ( Search Engine Optimization )

Search Engine Optimization adalah proses optimisasi website guna meningkatkan volume dan trafik agar peringkatnya teratas di mesin pencarian. Atau bisa dikatakan metode ini adalah teknik atau cara untuk meningkatkan traffic dengan tidak berbayar. Jadi jika anda ingin mendapatkan pengunjung website yang banyak Search Engine Optimization adalah salah satu caranya.

Peraturan mengenai SEO memang sering berubah ubah dengan seiring perubahan algoritma dari waktu ke waktu yang ada pada search engine, namun demikian ada beberapa komponen inti yang menentukan SEO yaitu:

  1. Kualitas konten
    Adalah faktor paling penting yang dapat mempengaruhi optimisasi tersebut. Google sendiri memberikan panduan untuk membuat konten yang berkualitas meliputi Keahlian (expertise), Otoritas (authority), Terpercaya (thrustworthiness).
  2. HTTPS
    Performa peringkat website akan meningkat apabila menerapkan HTTPS bila dibandingkan dengan yang tidak menggunakan. Penataan url juga perlu dilakukan agar performa semakin meningkat.
  3. Mobile friendly
    Yap situs yang dibuat harus mobile friendly, karena menurut fakta pengguna internet didunia lebih banyak melakukan surfing dengan menggunakan Mobile phone ketimbang menggunakan Notebook.
  4. Penggunaan keyword
    Keyword harus relevan dengan konten baik itu Isi konten, judul dan URL .
  5. Update Konten
    Update konten secara berkala.
  6. Optimalisasi kecepatan website.
    Kecepatan website juga sangat berpengaruh untuk memaksimalkan kualitas SEO. Google sendiri menyediakan jasa optimalisasi yaitu pagespeed inshigt
Baca Juga :  Tips Founder Just Eat Yang Paling Inspiratif

SEM (Search Engine Marketing)

Search Engine Marketing atau biasa disingkat SEM adalah cara untuk optimisasi sebuah website guna untuk mingkatkan volume dan traffic dengan cara berbayar yang lebih luas jangkauannya bahakan dapat mencakup di social media. Dalam bahasa indonesia dapat diartikan pemasaran search engine.

Bagaimana cara menggunakan SEM?

Pada dasarnya sebagai pengguna sebelum menggunakannya terlebih dahulu melakukan riset keyword. Namun yang perlu diingat ada perbedaan cara untuk riset di SEO dan riset di SEM. Jangan sampai salah menggunakannya karena dapat berakibat pembengkakan anggaran iklan.

Ada beberapa catatan yang perlu di perhatikan antaralain anda tidka boleh menggunakan SEO dan SEM secara bersamaan untuk satu maksud yang lebih spesifik. Dikarenakan ada hirarki di dalam SEM dan SEO yang menyatakan bahwa SEO adalah bagian dari SEM, dan SEM bukan bagian dari SEO, SEO merupakan strategi dari SEM

Lalu manakah yang terbaik SEO atau SEM?

Beberapa marketer masih banyak memperdebatkan masalah ini. Maka penjelasan sederhananya adalah Kedua teknik ini tidak ada yang lebih baik ataupun buruk, kedua-duanya memilik keunggulan diantaranya:

SEO

  • Pros: Saat melakukan optimasi pengguna tidak mengeluarkan biaya sepeserpun atau gratis dengan catatan tidak menggunakan jasa optimasi.
  • Negative: Terdapat banyak saingan untuk mendapatkan peringkat teratas di search engine

SEM

  • Pros: Jangkauan marketing lebih luas dan diberikan garansi untuk bisa masuk dihalaman utama dan teratas
  • Negative: Semua bergantung dari kekuatan modal, semakin kuat modal semakin besar kesempatan dan peluang untuk menduduki peringkat teratas di halaman utama search engine
Total
0
Shares
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Previous Post
petinggi uber

Kisah Mantan Pecandu Narkoba Menjadi Petinggi Uber

Next Post
clubhouse

Clubhouse Android Aplikasi Akan Hadir Worldwide

Related Posts
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
<--dewa-->